Cara Mengatasi Kerusakan pada Android Bootloop Ringan,Sedang dan Berat

Tutorial Cara Mengatasi Kerusakan pada Android Bootloop Ringan,Sedang dan Berat - Bootloop Android adalah masalah yang biasa dialami oleh sebagian besar Smartphone dengan sistem operasi terbuka ini atau android,entah itu dari smartphone atau tablet,tapi tahukah kamu pengertian bootloop itu sendiri ?mungkin pada umumnya kalian hanya mengetahui jika terjadi sesuatu pada android kalian ,arti dari bootloop itu sendiri adalah kerusakan pada sistem android yang dimana kita pengguna ponsel tersebut tidak dapat melakukan startup sampai sebelum masuk ke menu utama, tetapi kita terus kembali lagi ke langkah awal sepertii saat kamu menyalakan smartphone kamu. Dan hal seperti itu terjadi terus menerus sampai berdampak kamu tidak dapat menggunakan Android kamu sendiri.

Lalu setiap mengatasi cara bootloop setiap Android tidaklah sama ,hal ini dikarenakan bootloop mempunyai sebab-sebab yang berbeda dan setiap mengatasi  cara masalah tersebut pun berbeda-beda. Mungkin banyak perbedaan dalam  cara mengatasi bootloop di Google , tapi belum pasti juga hal tersebut mirip pada kasus yang dialami oleh setiap pengguna Android termasuk kamu. Maka dari itu kamu juga harus mengetahuinya dan Sangat penting pada kamu untuk mengetahui setiap penyebab permasalahanya kemudian dan tahu cara yang tepat penyebab dari hal itu.


Cara Mengatasi Kerusakan pada Android Bootloop Ringan,Sedang dan Berat

Nah sebelum kita memasuki tips bagaimana mengatasi bootloop android,alangkah baiknya kamu juga tau jenis bootloop itu sendiri. Berikut ini adalah 3 jenis bootloop yang ada pada Android:

Jenis Bootloop 

1. Android Light Bootloop
 Bootloop seperti ini cukup mudah untuk diatasi. Hal seperti ini biasanya terjadi akibat menginstall apk atau bermain game lalu tiba-tiba Android restart tetapi malah terjadi bootloop. Cara mudah mengatasinya ialah dengan mencopot baterai dari android kamu lalu pasang kembali dan aktifkan lagi seperti biasa. Tetapi mungkin untuk tablet agak sedikit sulit ,hal ini dikarenakan baterai terhubung langsung dengan perangkat.  Mencabutnya dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu.

2. Android Medium Bootloop
Bootloop seperti ini biasanya terjadi ketika kamu mencoba untuk mengotak-atik atau mengoprek sistem pada Android kamu. Bootloop yang terjadi pada tingat seperti masih bisa diselamatkan, karena setidaknya kamu masih bisa masuk ke dalam menu recovery mode. Dan Cara mengatasinya untuk mengatasi bootloop ialah pengguna android membutuhkan komputer atau PC windows dan file recovery image agar nantinya untuk restore boot image baik yang original ataupun CWM. Cara tersebut dapat dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, dan bagi  kamu yang belum melakukan backup maka kamu  memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan tipe android yang sama.

3. Android Hard Bootloop
Bootloop seperti ini adalah tingkat akhir atau yang paling tersulit dimana hal ini terjadi dikarenakan adanya modifikasi file Android sehingga terjadi ketidakseimbangan pada sistem dan malah membuat rusak file pada Android. Hal ini biasanya terjadi akibat rooting dan mengubah script seperti font, partisi memori, menghapus aplikasi original, kesalahan instal custom rom, dan lain-lain. Dan cara mengatasinya ialah perlunya kamu memakai software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap android memiliki jenis hardware yang berbeda. Cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android kamu.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 


Blog, Updated at: 9:26 PM

5 komentar:

  1. Biar nggak bootloop terus terusan gimana gan?
    Capek kalo tiap hari restart mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba pake cara yang diatas belum gan ?

      Delete
    2. Udah gan, tetep masih aja light bootloop. Padahal apk standar

      Delete
    3. Udah coba kembali ke pengaturan awal (reset factory) atau hard bootloop ky yang udh dijelasin ane di atas?klo udh semua tapi tetep belum bisa ,kemungkinan hardware agan ada yg bermasalah .. coba tnya ke outlet resminya ..

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete