Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Sendiri di Android

Tips Trik Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Sendiri yang tidak Terbaca di Android- Sd card (secure digital) atau yang biasa disebut memori eksternal ini adalah salah satu perangkat untuk menyimpan data diluar memori internal yang biasa terdapat pada Kamera digital,Ponsel,ataupun Smartphone. Sd Card ini adalaha perangkat yang disempurnakan dari pendahulunya yang kita kenal MMC (kartu multi media). Banyak kelebihan yang didapat dari SD Card dibandingkan dengan pendahulunya atau MMC. Selain ukurannya yang lebih kecil, SD Card ini juga memiliki kapasitas memory yang lebih besar.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Sendiri di Android
Dan seperti yang kita tahu,gadget sangat lekat dengan Sd card ini ,apa lagi android. Yang sebagian besar penggunaan datanya disimpan disana,menyimpan data-data seperti aplikasi,media,music,foto,video dan yang lainnya. Karena banyak kelebihan ini makanya Sd card adalah suatu perangkat yang wajib digunakan pada berbagai media digital khususnya android.  Lalu disisi lain karena banyaknya permintaan ,pasti berbagai perusahaan banyak yang memproduksi perangkat ini,dari kualitas yang paling bagus hingga yang minim. Dan karena persaingan itu terkadang memori yang kita gunakan belum tentu bagus. Karena banyaknya perusahaan yang memproduksi barangnya dengan kualitas buruk hanya karena demi larisnya barang. Dan pastinya kita juga sebagai pengguna gemar membeli dengan harga yang lebih murah. Dan tahukah kalian jika perangkat ini juga mempunyai kelemahan-kelemahan tersendiri ? seperti memory tidak terbaca,tidak terdeteksi atau sebagainya . pastinya hal seperti ini sangat merepotkan ,apalagi karena semua file-file kita telah disimpan disana.


Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut, mungkin salah satunya dengan memformat ulang . ini mungkin lebih baik tapi yang jadi pertanyaan,bagaimana jika kerusakannya semakin parah dan tidak bisa diformat ulang bagaimana ? nah kali yang akan saya jelaskan  tentang tips memperbaiki kartu memori pada android. Sebenarnya ini berlaku untuk semua penggunaan yang berhubungan dengan sd card, tapi saya ingin menjelaskan pada android karena penggunaanya sekarang lebih banyak di smartphone tersebut.

Tips 1

1. Keluarkan SD Card dari Android. Dan Pastikan kamu telah mematikan Android kamu terlebih dahulu.
2. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih atau penghapus 2B ). Gosok perlahan-lahan sampai bersih.

3. Apabila sudah bersih, masukan kembali kartu memori kedalam slot memori lalu periksa apakan sudah terbaca atau belum.
Cara Memperbaiki Kartu Memori pada Android
Tips 2

1. Masuk ke menu android"Setting > Storage".

2.   Pilih option  Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori menjadi  bersih seperti baru kembali (format ulang).



Cara Memperbaiki Kartu Memori pada Android


Tips 3

1. Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
2. Pastikan Android kamu terhubung dalam "Mass storage mode (MSC)", bukan "Media transfer mode (MTP)".
3. Buka Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory, pilih Properties > Tools > Error Checking, lalu tunggu sampai proses selesai.
4.  Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

Cara Memperbaiki Kartu Memori pada Android



Tips 4

1. Apabila kartu memori terbaca dan terlihat apa-apa di komputer tetapi tidak terbaca di Android. Coba gunakan cara ini: 
2. Buat folder baru di hard disk, lalu copy semua data yang ada dimemory kamu dan paste ke dalam folder yang sudah dibuat barusan.
3. Lalu format ulang langsung dari komputer.
4. Setelah itu kembalikan lagi data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah di format tadi.

5. Lalu cek lagi,berhasil atau tidak.
Cara Memperbaiki Kartu Memori pada Android
Jika masih gagal lagi,kartu memori kamu sudah benar-benar rusak,ganti dengan yang baru. 






.
.



Blog, Updated at: 7:46 PM

0 komentar:

Post a Comment