Cara Install ROM dan Flashing Semua Android Berserta Tutorial

Cara Install ROM dan Flashing Semua Android Berserta Tutorial

Tips dan Trik Install ROM dan Flashing Semua Android Berserta Tutorial - Custom ROM adalah versi dari Android yang dibuat oleh pengembang atau developer pihak ketiga untuk perangkat kamu. Custom ROM dibuat untuk menggantikan stock ROM, versi Android yang diberikan secara standard oleh vendor smartphone yang kamu miliki. Terdapat berbagai alasan bagi kamu untuk coba menggunakan custom ROM. Sebagian besar pengguna Android ingin menghilangkan bloatware yang umumnya tidak bisa dihapus jika menggunakan stock ROM yang berpotensi untuk meningkatkan performa dan daya tahan baterai, serta memungkinkan kamu untuk mendapatkan versi Android yang tidak disediakan oleh vendor smartphone kamu.
Meski begitu, terdapat juga kekurangan dari menggunakan custom ROM, antara lain batalnya garansi, kurangnya dukungan untuk hardware seperti kamera dan malahan bisa menguras baterai. Namun jika kamu menggunakan custom ROM dari sumber yang terpercaya, maka kekurangan tersebut tidak kamu dapatkan, kecuali batalnya garansi.

Tempat Download ROM Terdapat banyak tempat download ROM yang tersedia di Internet untuk perangkat kamu, namun CyanogenMod adalah tempat pertama yang amat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. CyanogenMod adalah salah satu yang terbaik dalam custom ROM Android dan menjadi salah satu dengan reputasi terbaik pula. Dukungan smartphone yang ditawarkan cukup banyak, karenanya besar kemungkinan untuk menemukan yang cocok dengan perangkat kamu.
ROM dari CyanogenMod biasanya terbukti meningkatkan performa dan daya tahan baterai, meningkatkan versi Android daripada yang didukung oleh vendor dan juga menyertakan berbagai fitur tambahan lainnya yang dapat meningkatkan performa perangkat secara keseluruhan. Jika kamu menggunakan perangkat yang cukup populer, kamu akan dapat dengan mudah menemukan custom ROM-nya di Cyanogen

Namun jika kamu menggunakan perangkat yang kurang populer, bisa jadi CyanogenMod tidak menyediakan custom ROM untuk kamu. Langkah berikutnya mungkin kamu bisa mengunjungi forum XDA Developer, yang merupakan komunitas hacker Android aktif. Forum ini juga besar karena memiliki sub-forum untuk hampir setiap perangkat Android yang dirilis dan banyak yang memposting custom ROM buatan mereka sendiri di sub-forum ini.
Karena setiap orang dapat dengan mudahnya memposting costum ROM buatan mereka dan tentunya tidak memiliki dukungan teknis serta garansi keberhasilan, maka kamu harus berhati-hati dalam memilih costum ROM yang kamu temukan disini.
Untuk panduan singkat, pastikan beberapa hal berikut :
  • Developer atau pembuatnya telah menyatakan custom ROM tersebut dalam versi stable/ final, bukan beta, alpha dsb.
  • Developer menyatakan dukungan hardware sepenuhnya.
  • Terdapat banyak testimonial dari member lain yang telah berhasil menggunakan custom ROM tersebut.
  • Tidak banyak keluhan atau masalah yang disampaikan pada thread tersebut; permasalahan yang mungkin muncul adalah permasalahan kecil dan tidak fatal.
Sangat penting untuk berhati-hati dalam memilih custom ROM, karena kegagalan dalam proses flashing dapat membuat Android kamu rusak total, atau yang disebut �bricked�.
Cara Install Custom ROM
Setelah menemukan custom ROM yang cocok, kamu perlu menjalankan proses install dengan benar. Kamu harus menemukan panduan install yang jelas, karena tiap perangkat menggunakan cara yang berbeda. Meski begitu, kamu dapat mengerti dengan mudah jika sudah paham prosesnya secara umum.
Replace Recovery

Flashing ROM biasanya melalui 2 proses. Langkah pertama adalah untuk flash recovery yang disebut ClockworkMod Recovery ke perangkat kamu. Recovery adalah mirip dengan BIOS yang ada di komputer, yang memungkinkan kamu untuk menjalankan berbagai perintah administratif pada perangkat tanpa harus menjalankan Android kedalam memori. Kamu harus merubah recovery agar dapat dengan mudah flashing ROM kedalam perangkat kamu.
Cara melakukan cukup beragam, karenanya sangat penting bagi kamu untuk membaca petunjuknya. Terkadang kamu diminta menggunakan fastboot untuk boot recovery ke dalam perangkat, atau bisa juga kamu menggunakan tool seperti Heimdall. Install recovery merupakan langkah yang cukup sulit. Selanjutnya, menjadi jauh lebih mudah.
Flashing ROM
Langkah berikutnya adalah flashing custom ROM kedalam perangkat kamu. Setelah file .zip kamu download dari Internet, upload data tersebut kedalam perangkat melalui kabel USB, kemudian matikan perangkat kamu, nyalakan kembali kedalam recovery. Booting ke recovery menggunakan kombinasi tombol selain tombol Power dan bisa berbeda pada tiap perangkat. Pada sebagian besar perangkat, biasanya kombinasi tombolnya adalah menekan setiap tombol yang ada di perangkat sambil menekan tombol Power, seperti Power + Volume Down/ Up + Home (jika ada).
Setelah recovery berjalan, buka menu untuk wipe phone dan flash file .zip kedalam perangkat. Untuk ClockworkMod Recovery, pilihannya adalah wipe data/ factory reset dan install .zip from sdcard.  Setelah proses selesai, reboot perangkat seperti biasa dan costum ROM sudah terinstall di perangkat kamu.Jika kamu menginstall custom ROM CyanogenMod, ada baiknya kamu flash package Google Apps setelah flashing ROM agar bisa menggunakan Play Store. Pemisahan kedua package ini dilakukan atas dasar hukum.
Kesimpulan
Selamat! Jika kamu menjalankan setiap langkah pada proses flashing custom ROM sesuai dengan petunjuk, maka perangkat kamu akan berjalan menggunakan custom ROM tanpa masalah. Tidak akan ada masalah selama kamu berhati-hati dan yakin dengan langkah yang kamu jalankan.


Blog, Updated at: 9:49 AM

0 komentar:

Post a Comment