Cara Memperbaiki Kamera yang Rusak di Android (Camera Error)


Cara Memperbaiki Kamera yang Rusak di Android (Camera Error) - Kamera memang suatu fitur yang wajib dimiliki setiap smartphone pada sekarang ini. Oleh karena itu berbagai perusahaan teknologi yang khususnya memproduksi smartphone seperti Samsung,Iphone,sony dan yang lainnya berlomba-lomba menciptakan suatu kamera yang lebih baik untuk melengkapi fitur smartphone yang mereka buat. Berbagai kualitas kamera pun ditawarkan mulai dari 5MP,8MP,16MP.bahkan sekarang mulai terdengar kabar sudah mencapai 50MP. Sepertinya memang smartphone sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan keseharian kita.

Mengabadikan setiap momen yang berharga apa lagi jika bukan dari kamera,terlebih lagi jika terdapat pada smartphone yang kalian gunakan sehari-hari. Lebih mudah dan praktis. Di era media social kalian bisa sangat cepat membagikan atau share momen-momen yang berharga pada teman,keluarga tentunya melalui aplikasi-aplikasi jejaring social seperti facebook,path,twitter dan masih banyak lainnya. Dan apa jadinya jika fitur yang kalian gunakan untuk mendapat momen-momen yang berharga itu tidak bisa digunakan atau rusak ?seperti jika kalian memfoto muncul tulisan “camera error”atau “cannot connect to camera” dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. nah kali ini yang saya ingin jelaskan dan memberikan tips untuk memperbaiki kamera kalian yang rusak khususnya di android.

Penyebabnya hanya ada dua kemungkinan, antara hardware atau software yang bermasalah. Jika pada hardware solusi satu-satunya adalah dengan memperbaiki atau mengganti kamera di konter service hp. Dan jika pada software kalian bisa mencoba sedikit tips yang akan saya jelaskan berikut ini. Sebelum repot-repot ke pusat perbaikan hp pastikan dulu jika software dari kamera android anda tidak bermasalah. Siapa tahu kalau kerusakan bukan dari hardware kalian,cobalah tips untuk memastikan kamera kalian tidak bermasalah.

Berikut cara sederhana cek kamera yang tidak bisa digunakan pada Android :

Untuk memperbaiki kesalahan “cannot connect to camera” :
  1. Pertama-tama tutup aplikasi kamera yang kalian gunakan
  2. Lalu pergi ke menu pengaturan -> baterai dan periksa “mm-qcamera-daemon”, pastikan secara fungsional berjalan atau tidak.
  3. Jika tidak masuk ke masuk ke info aplikasi->force stop->clear data dan clear cache. Lalu keluar dan coba jalankan aplikasi kamera kembali.

Untuk memperbaiki kesalahan “camera failed error message handler.handlemessage (-1)”  :
  1. Lakukan clear data pada aplikasi kamera,pertama-tama masuk ke pengaturan -> Apps -> Running,cari aplikasi yang kamera yang kalian gunakan (jika menggunakan aplikasi bawaan dari google playstore seperti camera360)
  2. Lalu tekan pada aplikasi tersebut lalu tekan “clear data” dan “clear cache”.

Jika masih tidak bisa digunakan kemungkinan terjadi crash. Hal ini biasa terjadi dikarenakan tweak yang bentrok. Coba hentikan semua aplikasi yang kalian gunakan, lalu tutup aplikasi yang berjalan. Lalu periksa apakah sebelumnya kamu pernah memasang tweak tertentu seperti tweak kamera. Jika iya ,hapus semua tweak-tweaknya di folder init.d. lalu reboot.
Dan dari semua cara diatas sudah dilakukan,coba buka kamera kamu kembali dan pastikan sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Jika masih belum berhasil,kemungkinan besar hardware kamera yang kalian pakai bermasalah.


Blog, Updated at: 10:47 PM

0 komentar:

Post a Comment